Logo Bloomberg Technoz

Penjualan Apple di China Meleset dari Perkiraan

News
03 November 2023 05:45

Toko ritel Apple. (Dok: Bloomberg)
Toko ritel Apple. (Dok: Bloomberg)

Mark Gurman - Bloomberg News


Bloomberg, Data penjualan Apple Inc terus turun hingga kuartal keempat 2023 dan menjadi perlambatan terpanjang sejak 2001. Perusahaan tersebut memang tengah berjuang mengatasi lesunya permintaan Mac di China.
 
Dalam sebuah pernyataan perusahaan, Apple mengatakan, pendapatannya turun menjadi US$89,5 miliar pada kuartal keempat fiskal, atau 30 September 2023. Angka ini masih lebih baik dari rata-rata estimasi yang diberikan Wall Street sebesar US$89,4 miliar. 

Apple memang tengah menghadapi perlambatan yang lebih besar di China daripada yang dikhawatirkan. Hal ini terjadi usai Pemerintah Tiongkok memberlakukan larangan penggunaan teknologi AS di beberapa tempat kerja. Pada saat yang bersamaan, pesaing Apple, Huawei Technologies Co mulai menguasai pasar ponsel China.

Pendapatan Apple dari pasar China sendiri tercatat mencapai US$15,1 miliar pada kuartal terakhir. Angka ini jauh di bawah prediksi analis yang memperkirakan penjualan di Negeri Tirai Bambu tersebut bisa mencapai US$17 miliar.

Saham Apple tercatat turun kurang dari 1% pada akhir perdagangan di New York, dengan harga US$177,57. Saham Aplle sendiri telah naik 37% tahun ini.