Logo Bloomberg Technoz

AS & China Sepakat Berdiskusi soal Pengendalian Senjata Nuklir

News
02 November 2023 19:00

Bendera Amerika Serikat dan China. (Sumber: Bloomberg)
Bendera Amerika Serikat dan China. (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, Amerika Serikat (AS) dan China akan mengadakan perundingan terkait pengendalian senjata nuklir di tengah meningkatnya kekhawatiran atas percepatan upaya Beijing membangun persenjataan nuklirnya.

Menurut seorang pejabat administrasi, tujuan dari diskusi tingkat rendah, yang dijadwalkan pekan depan, bukan untuk mengurangi jumlah persenjataan nuklir China.

Sebaliknya, tujuannya adalah memberikan pemahaman yang lebih baik kepada pemerintahan Biden tentang rencana China, beberapa pekan setelah Pentagon mengeluarkan laporan yang mengatakan negara tersebut sedang memproduksi senjata nuklir lebih cepat dari yang diperkirakan.

Pertemuan ini akan terjadi ketika Presiden Joe Biden bersiap untuk bertemu dengan pemimpin China, Xi Jinping, selama KTT Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik di San Francisco dalam kurang dari dua pekan. Pertemuan tersebut juga menyoroti bagaimana AS dan China secara bertahap kembali melanjutkan serangkaian pertemuan pejabat-pejabat antar dua negara yang sebelumnya terhenti akibat ketegangan terkait Taiwan, perdagangan, dan masalah lainnya. Kedua kepala negara terakhir bertemu di KTT G-20 di Bali setahun yang lalu.