Logo Bloomberg Technoz

Ketua MPR Minta Pemerintah Kaji Ulang Subsidi Motor Listrik

Elisa Valenta
22 February 2023 08:59

Menteri ESDM Arifin Taswin saat melakukan parade motor listrik (Dok. Kementerian ESDM)
Menteri ESDM Arifin Taswin saat melakukan parade motor listrik (Dok. Kementerian ESDM)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo meminta pemerintah melalui Kementerian ESDM untuk mempertimbangkan kondisi perekonomian nasional sebelum meloloskan rencana pemberian subsidi motor listrik. Rencananya pemerintah akan memberikan subsidi sebesar Rp 7 juta per unit mulai awal Maret mendatang.

"Agar benar-benar dapat mencapai tujuan atau target yang mendorong pencapaian Net Zero Carbon/NZE di Indonesia," ungkapnya dalam keterangannya dikutip Rabu (22/2/2023).

Selain itu, Bamsoet, begitu biasa disapa, mengingatkan juga agar melakukan pengawasan dalam merealisasikan subsidi kendaraan listrik nanti. Ia memandang sosialisasi terkait prosedur pemberian insentif diperlukan agar tidak terjadi kesalahpahaman.

Bamsoet merekomendasikan pemerintah untuk melakukan pendataan terhadap target konsumen yang layak untuk menerima intensif kendaraan listrik.

"Diprioritaskan bagi masyarakat yang hendak membeli kendaraan bermotor untuk menunjuang mobilitasnya sehari-hari. Bukan semata untuk jual beli demi meraup keuntungan pribadi," lanjutnya.