Logo Bloomberg Technoz

Kematian yang terkait dengan sepsis, yang disebabkan infeksi bakteri berat, naik sebesar 14 persen. Penyebab kematian utama lainnya tetap konsisten dengan tahun-tahun sebelumnya, termasuk kelainan bawaan, masa kehamilan pendek dan berat badan saat lahir yang rendah, sindrom kematian bayi mendadak, dan kecelakaan.

Data dari National Center for Health Statistics CDC menunjukkan adanya ketidaksetaraan rasial yang mencolok. Kematian bayi kulit hitam tetap yang tertinggi di antara kelompok ras lain pada tahun 2022, hampir dua kali lipat dari rata-rata di AS sebesar 10,86 per 1.000 kelahiran.

Tingkat kematian bayi kulit putih juga meningkat dari tahun sebelumnya menjadi 4,52 per 1.000 kelahiran, tetapi masih di bawah rata-rata AS. Kematian bayi keturunan Indian Amerika dan Alaska naik paling tajam menjadi 9,06 kematian per 1.000 kelahiran hidup, meningkat sebesar 21 persen dari tahun sebelumnya.

Terlepas dari kekayaannya, menurut laporan tahun 2022 dari Commonwealth Fund, AS memiliki tingkat kematian bayi dan ibu yang lebih tinggi dibandingkan dengan kebanyakan negara lain termasuk Eropa Barat, Kanada, dan Jepang. Angka kematian bayi di AS sekitar lima kali lebih tinggi dibandingkan dengan Norwegia, yang memiliki angka kematian terendah dalam laporan tersebut.

(bbn)

No more pages