Logo Bloomberg Technoz

Akses Kesehatan Tak Merata, Angka Kematian Bayi di AS Melonjak

News
01 November 2023 17:05

Ilustrasi bayi. (By ORION_production via Envato)
Ilustrasi bayi. (By ORION_production via Envato)

Cailley LaPara - Bloomberg News

Bloomberg, Setelah dua dekade berhasil melakukan perbaikan, angka kematian bayi di Amerika Serikat (AS) kini semakin memburuk. Hal ini disebabkan semakin banyaknya ibu yang tidak memiliki akses terhadap layanan kesehatan.

Menurut data sementara dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC), kematian bayi berusia kurang dari 1 tahun di AS meningkat 3 persen pada 2022 menjadi 5,6 per 1.000 kelahiran hidup. Ini merupakan kenaikan pertama yang signifikan secara statistik terkait kematian bayi di AS sejak tahun 2002.

Angka kematian tersebut mencerminkan sistem kesehatan ibu dan bayi yang baru lahir di AS yang penuh dengan ketidaksetaraan. Beberapa masalah yang ada termasuk penutupan ruang persalinan di pedesaan yang membuat ibu hamil di daerah terpencil kekurangan akses terhadap layanan kesehatan. Hal ini berkaitan dengan hasil kesehatan yang buruk selama dan setelah kelahiran.

Kematian yang terkait dengan komplikasi kehamilan pada ibu, yang merupakan penyebab kematian bayi tertinggi kelima, meningkat sebesar 9 persen pada tahun 2022 dibandingkan tahun sebelumnya.