Logo Bloomberg Technoz

Meta Ajukan Izin Social Commerce ke Kementerian Perdagangan

Dovana Hasiana
01 November 2023 15:55

Ilustrasi Meta Platform. (dok Bloomberg)
Ilustrasi Meta Platform. (dok Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Perdagangan mengatakan Meta Platforms Inc sedang dalam tahapan untuk mengajukan izin sebagai social commerce. 

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengatakan salah satu anak perusahaan Meta, Whatsapp memang masuk dalam kategori social commerce. Dalam hal ini, Whatsapp tidak akan memfasilitasi transaksi   

“Gak, Whatsapp sebagai kategori masuk di social commerce. Jadi dia bisa promosi, ini paling bagus. Jadi yang jualan UMKM, tapi Whatsapp promosikan. Itu bagus sekali,” ujar Zulhas saat ditemui usai Whatsapp Business Summit, di The Ritz-Carlton Pacific Place, Jakarta Selatan, DKI Jakarta, Rabu (1/11/2023). 

Namun Zulhas menegaskan pihaknya tidak akan melarang bila pada akhirnya Meta akan mengajukan izin sebagai e-commerce dan memfasilitasi transaksi. Menurutnya, pemerintah hanya mengatur perdagangan secara online agar tidak membunuh UMKM dan menciptakan ekosistem perdagangan yang adil. 

Dikonfirmasi secara terpisah, Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri (Dirjen PDN)  Kemendag Isy Karim mengatakan, Meta tengah dalam tahapan mengajukan izin sebagai social commerce, namun belum sebagai e-commerce.