Logo Bloomberg Technoz

RI Peringkat 6 Asian Para Games Hangzhou, Sejarah Baru Ditorehkan

Redaksi
29 October 2023 06:05

Asian Para Games (Humas Kemenpora)
Asian Para Games (Humas Kemenpora)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kontingen atlet Indonesia menduduki ranking 6 di Asian Para Games Hangzhou 2023 dengan raihan 29 medali emas, 30 perak, dan 36 perunggu. Total, kontingen Indonesia meraih 95 medali.

Yang menarik disebutkan bahwa atlet judo tunanetra yakni Roma Siska berhasil meraih medali emas pertama dalam sejarah judo Indonesia di Asian Para Games. Selain itu emas pertama boccia didapatkan atlet Felix Ardi Yudha.

“Atlet Indonesia berhasil memecahkan 13 rekor yakni delapan rekor Asian Para Games, 3 rekor Asia, dan 2 rekor dunia,” ujar Chef de Mission Kontingen Indonesia, Angela Tanoesoedibjo di Hangzhou, Sabtu (28/10/2023).

Ranking ini termasuk sejarah bagi RI lantaran di antara negara Asia Tenggara lainnya, Indonesia paling sukses rankingnya mengakhiri klasemen. Selain itu kontingen Indonesia juga melampaui target emas yakni 19 emas ternyata menjadi 29 emas.

Keberangkatan para atlet ke Hangzhou dilakukan dengan kerja sama Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), National Paralympic Committee (NPC) Indonesia, pelatih, manajer, dan ofisial. Angela mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi para atlet yang sudah berjuang dari setiap tahapan mulai dari klasifikasi, kualifikasi dan final.