Logo Bloomberg Technoz

Rapimnas Golkar Besok akan Pilih Nama Bakal Cawapres Prabowo

Fransisco Rosarians Enga Geken
20 October 2023 18:00

Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto. (Bloomberg Technoz/Mis Fransiska Dewi)
Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto. (Bloomberg Technoz/Mis Fransiska Dewi)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Partai Golkar akan menggelar rapat pimpinan nasional yang akan diikuti seluruh pengurus Dewan Pimpinan Daerah tingkat I se Indonesia. Rapat yang digelar di Kantor DPP Partai Golkar tersebut membahas dan memutuskan satu sosok yang akan diusung sebagai calon wakil presiden (cawapres) bagi Prabowo Subianto. Rapimnas Golkar akan digelar pada Sabtu (21/10/2023).

"Untuk Golkar, (bakal cawapres) keputusannya besok di Rapimnas," kata Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto seperti dilansir, Jumat (20/10/2023).

Partai Golkar akan menggelar rapimnas untuk merevisi sejumlah keputusan politiknya terhadap pelaksanaan Pemilu 2024. Sebelumnya, partai berlambang pohon beringin tersebut telah memutuskan dalam Musyawarah Nasional (Munas), Rapat Kerja Nasional (Rakernas), dan Rapimnas untuk mengusung Airlangga Hartarto sebagai cawapres dari Golkar dalam negosiasi di koalisi. 

Golkar sendiri telah tergabung ke dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang berisi Partai Gerindra, Partai Amanat Nasional, dan Partai Demokrat. Koalisi yang juga didukung sejumlah partai non-DPR tersebut telah sepakat mengusung Menteri Pertahanan Prabowo Subianto sebagai capres untuk Pemilu 2024.

Akan tetapi, nama Airlangga nampaknya terus meredup sebagai kandidat pendamping Prabowo pada kontestasi Pilpres mendatang. Sejumlah nama kemudian muncul sebagai calon alternatif, terutama setelah Mahkamah Konstitusi membuka pintu bagi politikus di bawah usia 40 tahun menjadi cawapres asalkan telah atau sedang menjadi kepala daerah tingkat provinsi, kabupaten, atau kota.