Logo Bloomberg Technoz

Kesuburan Wanita Malaysia Paling Rendah Dalam 50 Tahun

Septiana Ledysia
18 October 2023 11:20

Prakiraan Populasi Jepang Menyusut Sepertiga dalam Lima Tahun Mendatang. (Sumber: Bloomberg)
Prakiraan Populasi Jepang Menyusut Sepertiga dalam Lima Tahun Mendatang. (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menurut Kepala Statistik Malaysia, Mohd Uzir Mahidin, tingkat kesuburan pada tahun 2022 mencapai titik terendah dalam lima dekade dengan 1,6 anak untuk setiap wanita berusia 15-49 tahun dibandingkan dengan 1,7 anak pada tahun 2021.

Pernyataan berdasarkan laporan Departemen Statistik Malaysia (DOSM) dalam laporan statistik terbarunya yang disadur dari media lokal freemalaysiatoday, Rabu (18/10/2023). 

Uzir Mahidin juga mengatakan, sejak tahun 1970 hingga 2012, angka kesuburan nasional masih berada di atas angka penggantian 2,1 anak, yang berarti rata-rata jumlah anak yang dilahirkan per perempuan cukup untuk menggantikan dirinya dan pasangannya.

“Tren penurunan ini berpotensi menimbulkan krisis demografi seperti penurunan pertumbuhan penduduk, penuaan penduduk dan dampaknya pada perekonomian nasional,” ujar Uzir.

Ilustrasi anak-anak/Sumber: Bloomberg

Suku Melayu mencatat tingkat kesuburan tertinggi dengan 2,1 anak per perempuan berusia 15-49 tahun. Sementara itu, perempuan China memiliki tingkat kesuburan terendah di antara seluruh kelompok etnis dengan 0,8 anak.