Logo Bloomberg Technoz

Emiten Anthoni Salim Cari Dana Minimal Rp5 T untuk JORR Elevated

Mis Fransiska Dewi
17 October 2023 15:15

Ramdhani Basri, Dirut Nusantara Infrastructure (Bloomberg Technoz)
Ramdhani Basri, Dirut Nusantara Infrastructure (Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Perusahaan tol milik Anthoni Salim, PT Nusantara Infrastructure Tbk (META) melalui PT Jakarta Metro Exspressway (JKTMetro) akan melakukan penggalangan dana atau fundraising. Ini dilakukan untuk mendanai proyek jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) Elevated Cikunir – Ulujami. 

Salah satu opsi pendanaan yang akan diambil adalah menggunakan instrumen bersifat utang. "Target pinjaman lebih dari Rp5 triliun," ujar Direktur Utama JKTMetro Danni Hasan, Selasa (17/10/2023).

Itu bukan satu-satunya sumber dana, mengingat nilai proyek yang dikerjakan bersama konsorsium PT Adhi Karya Tbk (ADHI) dan PT Acset Indonusa Tbk (ACST) itu mencapai Rp21,27 triliun.

Selain pinjaman dari perbankan asing, Danni membuka opsi untuk menggunakan modal perusahaan, termasuk suntikan modal dari level induk. 

Terlebih, pengendali META, yakni Metro Pacific Tollways Corp. (MPTC) berencana menghelat initial public offering (IPO) tahun depan. Perusahaan mengincar dana segar US$500 juta sebagai modal ekspansi.