Logo Bloomberg Technoz

META Tertarik Beli Tol WSKT, Belum Cukup Tutup Utang

Muhammad Julian Fadli
12 October 2023 11:51

Jembatan kelok 9 proyek yang dikerjakan Waskita Karya. (Dok waskita.co.id)
Jembatan kelok 9 proyek yang dikerjakan Waskita Karya. (Dok waskita.co.id)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Nusantara Infrastructure Tbk (META) tengah gencar memperluas ekspansi bisnisnya, termasuk mempertimbangkan opsi akuisisi ruas tol yang dimiliki oleh BUMN Karya PT Waskita Karya Tbk (WSKT). Adapun WSKT sendiri sedang diterpa masalah keuangan dari utang yang menggunung.

"Akuisisi menjadi salah satu strategi pertumbuhan kami. Ada batas minimal tertentu, 40% kepemilikan usai akuisisi. Jika di Waskita ada yang dijual masuk dalam batas minimal itu, kami tidak menutup kemungkinan untuk mengeksplornya," terang Direktur META Danni Hasan, pada Rabu (11/10/2023) kemarin.

Adapun Danni belum memberikan detail lebih lanjut terkait dengan rencana tersebut. Yang jelas, menurut Danni, META akan mengakuisisi perusahaan yang bisa mendongkrak kinerja keuangan.

Pada saat yang bersamaan, WSKT saat ini juga fokus untuk melakukan divestasi aset tol kepemilikannya. Salah satu yang masuk daftar jual adalah, ruas tol Pemalang-Batang.

Ruas tol tersebut berada di bawah konsesi PT Pemalang Batang Toll Road (PBTR). Sebesar 60% saham PBTR sendiri dikuasai oleh PT Waskita Toll Road (WTR), yang merupakan anak usaha WSKT.

Andai Jual Aset Tol, Utang Masih Tersisa