Logo Bloomberg Technoz

Pengusaha Qatar Batal Beli MU, Peluang Ratcliffe Terbuka Lebar

News
15 October 2023 11:45

Stadion The Old Trafford(Bloomberg/Anthony Devlin)
Stadion The Old Trafford(Bloomberg/Anthony Devlin)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kelompok bisnis Qatar yang dipimpin Syekh Jassim Bin Hamad J.J. Al Thani  menarik tawarannya untuk membeli Manchester United (MU) sebagaimana kata sumber media. Hal ini jelas membuka jalan bagi miliarder Inggris Jim Ratcliffe untuk bisa menguasai klub sepak bola tersebut.

Diketahui sebelumnya pihak Qatar menawar lebih dari £5 miliar ($6,1 miliar) untuk tim tersebut. Sementara market value 'nilai pasar' saat ini adalag $3,3 miliar. Tawaran itu karenanya tidak sesuai ekspektasi pemilik klub yakni keluarga Glazer, sebagaimana diinformasikan pihak terdekat yang tak mau disebutkan namanya.

Proses penawaran klub MU selama hampir setahun sempat tertunda dengan penawaran yang gagal memenuhi ekspektasi keluarga Glazer sebesar £6 miliar itu. Perbedaan pendapat di antara pemilik mengenai apakah akan menjual dan besaran harga serta ketakutan akan litigasi pemegang saham minoritas juga bergulir.

Namun kemudian Bloomberg melaporkan pekan ini bahwa Ratcliffe muncul sebagai kandidat kuat membeli Manchester United. Nilai tawaran yang direvisi baru-baru ini oleh miliarder Inggris itu memberinya keunggulan dibandingkan klub Qatar.

Namun demikian penawaran dari Ratcliffe masih berisiko mendapat penolakan dari pemegang saham minoritas yang merasa bisa saja tidak diuntungkan.