Logo Bloomberg Technoz

Ada Andil Entitas World Bank di Balik Private Placement GOTO

Dityasa Hanin Forddanta
13 October 2023 10:46

Ilustasi GOTO Gojek Tokopedia. (Dok: Perusahaan)
Ilustasi GOTO Gojek Tokopedia. (Dok: Perusahaan)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) baru saja merampungkan private placement atau penambahan modal tanpa memberikan hak memesan efek terlebih dahulu (PMTHMETD). Aksi korporasi senilai Rp1,53 triliun ini menjadi menarik, lantaran ada andil International Finance Corporation (IFC) secara tidak langsung di balik private placement tersebut.

Berdasarkan keterbukaan informasi, dikutip Jumat (13/11/2023), Bhinneka Holdings (22) Limited menjadi pihak yang menyerap 17,04 miliar saham seri A private placement. Harga pelaksanaannya ada di level Rp90/saham.

Bhinneka Holdings disebut merupakan entitas independen yang didirikan berdasarkan hukum Kepulauan Cayman.

Menilik dokumen private placement beberapa waktu ke belakang, Bhinneka Holdings menerbitkan suatu instrumen obligasi bersifat ekuitas kepada dua pihak. Keduanya adalah, WAF Investments Cayman LLC dan IFC.

IFC sendiri adalah afiliasi Bank Dunia atau World Bank. Lembaga keuangan ini didirikan untuk membantu pembiayaan pembangunan negara anggota yang belum maju melalui pemberian pinjaman dan atau penyertaan pada sektor swasta.