Logo Bloomberg Technoz

Wall Street Merah Akibat Sentimen Buruk dari Pasar Surat Utang AS

News
13 October 2023 08:11

Aksi jual melanda pasar saham Amerika Serikat setelah data inflasi September mengecewakan dan memicu terbangnya yield US Treasury (Bloomberg)
Aksi jual melanda pasar saham Amerika Serikat setelah data inflasi September mengecewakan dan memicu terbangnya yield US Treasury (Bloomberg)

Elena Popina, Jessica Menton and Alexandra Semenova - Bloomberg News

Bloomberg, Tepat ketika pergerakan saham tampak bergerak naik, lelang surat utang US Treasury yang meresahkan mengerem momentum pasar.

Pemerintah Amerika Serikat (AS) menggelar lelang surat utang US Treasury tenor 30 tahun senilai US$20 miliar dan mencetak rekor permintaan imbal hasil tertinggi sejak 2007 lalu pada siang hari waktu New York, Kamis (12/10/2023). 

Alhasil, dalam beberapa menit, Indeks S&P 500 anjlok, turun sebanyak 1,2% sebelum mendapatkan kembali pijakannya. Indeks Volatilitas Cboe, juga dikenal sebagai VIX atau indeks yang mengukur derajat kecemasan pemodal di Wall Street, melonjak di atas 17. Aksi jual juga melanda di saham-saham berkapitalisasi kecil Indeks Russell 2000, mendorongnya ke level penutupan terendah dalam beberapa bulan terakhir.

Harga saham sebelumnya bergerak ke level tertinggi, dengan indeks S&P 500 mencapai sesi tertinggi hingga tengah hari, sebelum akhirnya patah oleh data inflasi September yang lebih tinggi ketimbang prediksi pasar.