Logo Bloomberg Technoz

SKK Migas: Ada Perusahaan Asing Ingin Serap Gas Blok Masela

Sultan Ibnu Affan
12 October 2023 18:10

Pertambangan minyak onshore./dok. SKK Migas
Pertambangan minyak onshore./dok. SKK Migas

Bloomberg Technoz, Jakarta – Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) menyebut sudah ada perusahaan asing yang bakal menyerap gas Lapangan Abadi Blok Masela.

Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto mengatakan, bahkan perusahaan asing tersebut telah berkeinginan untuk menyerap dua kali lipat dari proyeksi gas yang bakal dihasilkan pada blok yang berlokasi Tanimbar, Maluku itu.

"[Perusahaan] luar negeri itu yang minta saja sudah dua kali lipat," ujar Dwi saat ditemui di kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Kamis (12/10/2023).

Berdasarkan catatan Kementerian ESDM, Blok Masela sendiri diproyeksikan akan memproduksi sebanyak 16.500 juta standar kaki kubik gas per hari (MMSCFD), atau setara dengan produksi  LNG sebanyak 9,5 juta ton per tahun.

Adapun, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menargetkan Lapangan Abadi Blok Masela dapat mulai berproduksi selambat-lambatnya pada 30 Desember 2029, setelah proses akuisisi saham oleh Pertamina dan Petronas, menggantikan Shell Upstream Ltd. bebrrapa waktu lalu.