Logo Bloomberg Technoz

Soal Program Rice Cooker Rp347,5 M, Ini Komentar Menteri ESDM

Sultan Ibnu Affan
09 October 2023 14:20

Menteri ESDM Arifin Tasrif (Dok. SKK Migas)
Menteri ESDM Arifin Tasrif (Dok. SKK Migas)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral  (ESDM) Arifin Tasrif angkat suara soal Kebijakan bantuan alat penanak nasi atau rice cooker yang termaktub dalam Peraturan Menteri (Permen) ESDM No. 11/2023 tentang Penyediaan Alat Memasak Berbasis Listrik bagi Rumah Tangga.

Meski tak memerinci jumlah kuotanya, Arifin memastikan kebijakan tersebut akan direalisasikan tahun ini. "Jalan, [program bagi-bagi] rice cooker jalan," ujarnya singkat, tanpa bersedia berkomentar lebih jauh, saat ditemui di Jakarta, Senin (9/10/2023).

Menurut Kementerian Keuangan, anggaran yang disiapkan untuk program tersebut mencapai Rp347,5 miliar dan ditujukan bagi sekitar 500.000 keluarga penerima manfaat (KPM).

Adapun, dalam beleid yang ditetapkan pada 26 September 2023 itu, tertera bahwa pemerintah akan memberikan insentif alat memasak berbasis listrik atau disebut AML, yang akan dibagikan kepada masyarakat dengan kriteria tertentu.

Nantinya, masyarakat akan mendapatkan satu set paket rice cooker, dengan buku petunjuk pengoperasian, kartu garansi, dan brosur yang berisi rekomendasi pola pemakaian.