Logo Bloomberg Technoz

Permintaan Bensin AS Drop, Ini Dampaknya ke Industri Kilang Dunia

News
09 October 2023 09:50

Ilustrasi SPBU di AS (Sumber: Bloomberg).
Ilustrasi SPBU di AS (Sumber: Bloomberg).

Chunzi Xu, Jack Wittels dan Elizabeth Low - Bloomberg News

Bloomberg, Konsumsi bensin oleh masyarakat Amerika Serikat (AS) makin berkurang drastis. Fenomena ini mengkhawatirkan para traders di seluruh dunia, mengingat permintaan bensin di Negeri Paman Sam menjadi tolok ukur data konsumsi bahan bakar minyak (BBM) dunia yang paling penting bagi industri kilang.

Pada Rabu pekan lalu, tingkat konsumsi bensin di AS jatuh ke level terendah sepanjang tahun ini, sekaligus terendah dalam seperempat abad terakhir. Sejak puncak musim panas, konsumsi bensin AS menunjukkan penurunan sebesar 1 juta barel per hari.

Kontrak berjangka yang diperdagangkan di New York, yang merupakan patokan global, anjlok sebesar 6,9%. Hal itu sekaligus menjadi salah satu dari beberapa katalis yang menyebabkan penurunan harga minyak terbesar dalam satu tahun pada hari itu.

Apa yang terjadi di pasar bensin Amerika mempunyai implikasi yang jauh melampaui bahan bakar itu sendiri. Permintaan bahan bakar di AS mencakup satu dari setiap 11 barel minyak yang dikonsumsi di dunia, sehingga data ini penting untuk menggambarkan permintaan global. Hal ini juga dapat memengaruhi inflasi, serta membantu membentuk pertumbuhan ekonomi.