Logo Bloomberg Technoz

Ketua KPK Firli Bahuri Bantah Memeras Mentan Syahrul Yasin Limpo

Mis Fransiska Dewi
05 October 2023 20:38

Ketua KPK, Firli Bahuri saat konfrensi pers tersangka gratifikasi di lingkungan Pemerintah Kota Bima, NTB. (Bloomberg Technoz/ Mis Fransiska Dewi)
Ketua KPK, Firli Bahuri saat konfrensi pers tersangka gratifikasi di lingkungan Pemerintah Kota Bima, NTB. (Bloomberg Technoz/ Mis Fransiska Dewi)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri membantah soal tudingan bahwa pimpinan KPK melakukan pemerasan. Diketahui bahwa terkait hal ini, hari ini Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) sudah diperiksa Polda Metro Jaya. Salinan surat permintaan keterangan terhadap sopir mentan oleh Polda Metro Jaya pada Agustus lalu juga beredar belum lama ini.

“Pertama memang kami memahami info yang beredar. Apa yang menjadi isu sekarang tentu kita harus pahami namun demikian kita juga menyampaikan bahwa hal tersebut tidak benar dan tidak dilakukan oleh pimpinan KPK,” kata Firli Bahuri dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (5/9/2023). 

Firli juga menyinggung banyaknya pencatutan nama KPK beserta pimpinannya untuk perbuatan melawan hukum. Dia pun menegaskan isu pemerasan terhadap mentan SYL tidak benar. 

Lebih lanjut Firli mengatakan tidak pernah berkomunikasi dengan pihak yang berperkara di KPK. Diketahui KPK saat ini sedang menyidik kasus korupsi di Kementerian Pertanian. KPK sebelumnya menyebut ada 3 klaster dugaan korupsi dan SYL diperiksa terkait salah satunya.

“Saya katakan tidak pernah (berhubungan dengan yang berperkara),” ujarnya.