Logo Bloomberg Technoz

Dampak Pemanasan Global, Bayi Beruang Kutub Krisis Susu

News
05 October 2023 20:00

Masyarakat peduli global warming (Sumber: Bloomberg)
Masyarakat peduli global warming (Sumber: Bloomberg)

Danielle Bochove - Bloomberg News

Bloomberg, Beruang kutub mungkin akan mengalami kesulitan memberi makan anak-anak mereka karena melelehnya es laut memaksa beberapa populasi untuk berpuasa dalam periode yang lebih lama, menurut penilitian baru.

Beruang yang selama ini menjadi ikon krisis iklim hanya hidup di Arktik, sekitar Kutub Utara dan di bagian utara Kanada, Alaska, Rusia, Greenland, dan Norwegia.

Habitat pilihan mereka adalah es laut yang menutupi perairan Arktik sepanjang sebagian besar tahun. Menurut sebuah makalah yang akan diterbitkan pada hari Kamis dalam jurnal Marine Ecology Progress Series, ketika beruang kutub betina terpaksa beralih ke daratan, seperti yang terjadi selama bulan musim panas, mengalami kesulitan untuk mendapatkan makanan yang bernutrisi. Kuantitas serta kualitas susu yang mereka hasilkan untuk anak-anak mereka pun menurun.

Studi yang dilakukan oleh peneliti di University of Toronto, US Geological Survey, dan Polar Bears International menganalisis sampel susu yang dikumpulkan dari beruang kutub di Western Hudson Bay, Kanada, antara tahun 1989 dan 1994. Setelah hanya tiga bulan berada di daratan, kemungkinan seekor induk untuk terus menghasilkan susu untuk anak beruang yang lahir pada tahun itu turun 53%.