Logo Bloomberg Technoz

147 Hotspot Muncul di Kalteng Pada Puncak Kemarau, Picu Kebakaran

News
01 October 2023 14:04

Ilustrasi kebakaran hutan di Sumatera. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi kebakaran hutan di Sumatera. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg, Kebakaran hutan terjadi di Kalimantan Tengah pada periode puncak musim kemarau tahun 2023. Data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) mencatat hingga 29 September terdapat 147 titik hotspot kategori medium-high di Kalimantan Tengah.

Catatan ini berdasarkan pantauan satelit NASA-TERRA/AQUA. Kegiatan pemadaman oleh otoritas setempat terus dilakukan usai prediksi fenomena El Nino muncul awal tahun. Kementerian LHK mengklaim telah meningkatkan upaya  pencegahan, pemadaman, dan penanggulangan pada September hingga  Oktober mendatang.

Perkiraaan kedua bulan tersebut merupakan puncak dari musim kemarau tahun ini. Petugas dari berbagai unsur, mulai dari Polisi Kehutanan, hingga Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi (BPBP) bergegas halau kebakaran hutan dan lahan agar tidak meluas.

Dalam laporan Bloomberg News, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) sebelumnya sudah memperingatkan bahwa kemungkinan kebakaran hutan dan lahan akan terus berlanjut.

Peluang penambahan karhula terjadi di banyak wilayah di Indonesia, baik ada atau tidaknya curah huhan. Dalam mencegah perluasan karhutla, otoritas menerapkan penyemaian awan untuk memancing hujan. Tujuannya agar tetao  menjaga gambut tetap basah dan mengisi waduk yang diperlukan jika skma pengeboman air berlaku.