Logo Bloomberg Technoz

Berhembus 185 km/jam, Topan Koinu Ancam Taiwan & Hong Kong

News
03 October 2023 14:50

Ilustrasi topan. (Bloomberg)
Ilustrasi topan. (Bloomberg)

Ditas Lopez dan Cecilia Yap - Bloomberg News

Bloomberg, Topan Koinu yang buruk akan melintasi ujung selatan Taiwan dalam beberapa hari mendatang. Berdasarkan jejak yang dikumpulkan ahli meteorologi, topan tersebut setelahnya akan menuju ke arah Hong Kong.

Menurut Observatorium Hong Kong, topan ini akan menguat menjadi topan super dengan kecepatan angin maksimum di dekat pusatnya mencapai 185 km/jam saat mendekati Taiwan. Kemudian, topan akan melemah menjadi badai tropis berat dengan kecepatan angin 90 km/jam saat mendekati Hong Kong.

US Joint Typhoon Warning Center mengatakan bahwa model-model menunjukkan topan akan melemah dengan cepat di dekat pantai tenggara China, dengan potensi peningkatan untuk "jalur yang lambat dan tidak menentu" dan berbelok tajam ke arah barat daya di dekat Hong Kong. Pusat ini menambahkan bahwa ada "keyakinan yang rendah" terhadap lintasan perkiraannya karena pengaruh angin kencang dari arah timur laut terhadap sistem cuaca.

Taiwan telah mengeluarkan peringatan laut pada Selasa malam. Badan cuaca Filipina juga memperingatkan potensi banjir dan longsor yang disebabkan oleh topan ini, yang berjarak 350 kilometer di sebelah timur provinsi utara Batanes pada pukul 5 pagi Selasa.