Logo Bloomberg Technoz

Kereta Cepat Whoosh akan Diresmikan Presiden pada 2 Oktober

Sultan Ibnu Affan
28 September 2023 21:50

Menko Marves Luhut Pandjaitan dan Perdana Menteri Tiongkok Li Qiang di kereta cepat Jakarta-Bandung (Humas KCIC)
Menko Marves Luhut Pandjaitan dan Perdana Menteri Tiongkok Li Qiang di kereta cepat Jakarta-Bandung (Humas KCIC)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyebut bahwa peresmian Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang diberi nama Whoosh tersebut bakal dilakukan pada 2 Oktober 2023 mendatang.

"Tanggal 2 (Oktober) mungkin Presiden akan melakukan soft launching dengan membawa para pimpinan lembaga tinggi negara untuk mencoba," ujar Luhut saat ditemui usai acara hari ulang tahunnya yang ke-76 di Jakarta pada Kamis (28/9/2023).

Luhut mengatakan, pada awal peresmian, pemerintah juga akan memberikan tarif diskon tiket kereta cepat secara bertahap. Meski dia tak merinci seberapa besaran diskon tersebut.

"Tapi nanti ada waktunya kembali normal karena Presiden memerintahkan kita mengintegrasikan sistem transportasi kita, sehingga nanti akan ada satu karcis naik ke semua jurusan," kata dia.

KJCB sendiri kini telah resmi dibuka untuk uji coba terbatas secara gratis sejak (17/9/2023) lalu. Selama masa uji coba terbatas KA Cepat dengan penumpang berlangsung setiap harinya. KCIC sebagai operator menyediakan 4 jadwal perjalanan pulang pergi (PP) sehingga total terdapat 8 perjalanan KA yang beroperasi setiap hari.