Logo Bloomberg Technoz

Mitratel (MTEL) Rampungkan Akuisisi 54 Menara Milik XL (EXCL)

Mis Fransiska Dewi
27 September 2023 09:05

Menara telekomunikasi PT Dayamitra Telekomunikasi (Mitratel) di Jakarta, Minggu, (21/11/2021). (Dimas Ardian/Bloomberg)
Menara telekomunikasi PT Dayamitra Telekomunikasi (Mitratel) di Jakarta, Minggu, (21/11/2021). (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Dayamitra Telekomunikasi Tbk (MTEL) baru saja mengakuisisi 54 menara milik PT XL Axiata Tbk (EXCL). Penandatanganan jual beli menara ini telah dilakukan pada 25 September 2023.

Bersamaan dengan itu, kedua pihak juga menyepakati kontrak sewa (lease back) sebanyak 53 menara. Sedang satu menara yang tidak termasuk dalam lease back dihuni oleh operator lain. 

“Perseroan telah menyelesaikan transaksi pembelian 54 menara telekomunikasi dengan 63 tenant, dengan tenancy ratio 1,16x. Selanjutnya MTEL juga menyepakati untuk menyewakan kembali atas 53 menara telekomunikasi kepada XL Axiata. Total nilai transaksi sebesar Rp36,62 miliar,” kata Hendra Purnama, Direktur Investasi merangkap Sekretaris Perusahaan dalam keterbukaan informasi, dikutip Rabu (27/9/2023).

Menara yang menjadi objek transaksi tersebar merata di seluruh Indonesia. Mulai dari Sumatera Bagian Tengah, Sumatera Bagian Selatan, Jawa Barat, Jakarta, Bogor. Bali dan Nusa Tenggara hingga Kalimantan dan Sulawesi.

“Kami selalu meyakini potensi pertumbuhan ekonomi di luar pulau Jawa  dan kontribusinya yang menjanjikan terhadap perekonomian nasional. Akuisisi ini merupakan bentuk komitmen dalam membantu mitra strategis dari industri operator telekomunikasi untuk melakukan ekspansi dengan bisnis model yang lebih efisien,” jelas Hendra.