Logo Bloomberg Technoz

Macron Aktor Kunci Sikap Keras Eropa Terhadap China

News
26 September 2023 17:00

Emmanuel Macron (Sumber: Bloomberg).
Emmanuel Macron (Sumber: Bloomberg).

William Horobin dan Ania Nussbaum - Bloomberg News

Bloomberg, Pendekatan baru Uni Eropa (UE) yang lebih keras terhadap China terbentuk dari kekhawatiran Prancis terhadap praktik perdagangan China yang menimbulkan ancaman kritis bagi industri-industri inti mereka.

Pemerintah di Paris telah mengambil peran kunci dalam mendorong perubahan kebijakan terhadap China, demikian menurut para sumber. Prancis disebut menghitung bahwa tidak adanya tidakan sekarang akan menempatkan ekonomi blok tersebut di jalur kerusakan jangka panjang.

Para pejabat yang berbicara dengan syarat anonim mengingat kembali bencana industri solar satu dekade lalu, ketika impor murah dari China menguras produksi Eropa. Salah satu pejabat mengatakan industri otomotif Eropa berpotensi rentan dengan masalah yang serupa sehingga UE menghadapi dua pilihan: Menegaskan kekuatannya atau menyerah kepada China.

Tujuannya bukan untuk mengubah hubungan perdagangan UE senilai US$900 miliar per tahun dengan China menjadi pertempuran head-to-head seperti Beijing dengan AS, tetapi lebih untuk membangun lapangan bermain yang setara di antara blok-blok ekonomi terbesar di dunia, tambah para pejabat tersebut.