Logo Bloomberg Technoz

Pemerintahan AS Berpotensi Ditutup, Moody’s Beri Peringatan

News
26 September 2023 07:50

Gedung Putih AS (Sumber: Bloomberg)
Gedung Putih AS (Sumber: Bloomberg)

Michael Mackenzie - Bloomberg News

Bloomberg, Moody's Investors Service, satu-satunya lembaga pemeringkat kredit besar yang masih memberikan peringkat teratas kepada Amerika Serikat (AS), memberi sinyal bahwa penilaian mereka sedang goyah di tengah semakin dekatnya kemungkinan penutupan pemerintahan atau shutdown.

"Meskipun pembayaran utang pemerintah tidak akan terdampak dan kemungkinan penutupan yang singkat tidak akan mengganggu ekonomi, hal itu akan menunjukkan kelemahan kekuatan institusi dan tata kelola AS dibandingkan dengan negara-negara berperingkat Aaa lainnya yang telah kami soroti dalam beberapa tahun terakhir," tulis para analis yang dipimpin oleh William Foster dalam laporan mereka pada Senin (26/09/2023).

Menurut Moody’s, usai perdebatan mengenai batas utang pemerintah federal yang terjadi awal tahun ini, penutupan pemerintahan yang kemungkinan terjadi kini akan menunjukkan polarisasi politik yang intensif dalam pembuatan kebijakan fiskal AS selama kekuatan fiskal mereka melemah.

Laporan ini muncul di tengah kesulitan Kongres AS untuk mengesahkan undang-undang pengeluaran jangka pendek yang diperlukan untuk menghentikan penutupan pemerintah. Tahun fiskal AS yang baru dimulai pada bulan Oktober.