Logo Bloomberg Technoz

Sejarah Shutdown AS, Terjadi di Zaman Ford hingga Trump

News
21 September 2023 16:20

Ilustrasi Amerika Serikat (AS) (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi Amerika Serikat (AS) (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, Pemerintah Amerika Serikat (AS) kembali mendekati kemungkinan penutupan pemerintah atau shutdown. Hal ini mungkin terjadi jika Kongres tidak menyepakati undang-undang pengeluaran anggaran sementara yang berlaku hingga dimulainya tahun fiskal baru pada 1 Oktober.

Ketua DPR Kevin McCarthy sebelumnya mengatakan ingin menghindari shutdown. Dia menilai hal tersebut akan melemahkan pengaruh partainya dalam negosiasi terkait pemotongan anggaran yang diminta Partai Republik.

"Saya ingin memastikan bahwa kita tidak menutup pemerintahan," kata McCarthy di acara Fox News 'Sunday Morning Futures. "Menurut saya hal ini akan menjadi kemenangan bagi masyarakat Amerika, dan saya yakin [penutupan pemerintahan] akan semakin melemahkan kita."

AS sudah menghadapi situasi shutdown atau nyaris shutdown beberapa kali dalam sejarah, ketika pembahasan anggaran di Kongres tidak mencapai kesepakatan. Pemerintah AS dijalankan melalui 12 undang-undang pengeluaran yang disahkan setiap tahun oleh Kongres dan ditandatangani oleh presiden.