Logo Bloomberg Technoz

Soal Pembengkakan Biaya Kereta Cepat, Ini Kesepakatan RI-China

Rezha Hadyan
14 February 2023 12:11

Kereta Cepat Indonesia China ( Dok kcic.co.id )
Kereta Cepat Indonesia China ( Dok kcic.co.id )

Bloomberg Technoz, Jakarta - Indonesia dan China telah mencapai kesepakatan terkait dengan besaran pembengkakan biaya (cost overrun) proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) sejumlah US$1,2 miliar atau sekitar Rp18,2 triliun.

Angka tersebut lebih kecil dari hasil audit yang dilakukan oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) sejumlah US$ 1,49 miliar atau Rp 21,8 triliun. Namun, nominal tersebut membengkak dari perkiraan China senilai US$ 980 juta atau sekitar Rp 15,2 triliun.

Menurut Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo, kesepakatan mengenai nominal cost overrun KCJB tercapai setelah melewati proses negosiasi di Beijing pekan lalu. Walakin, pembicaraan dengan China tidak berhenti sampai di situ. 

Sebagai catatan, pekan lalu perwakilan dari Indonesia melakukan lawatan ke Negeri Panda untuk bernegosiasi dengan China Railways Investment Corporation, China Development Bank, National Development and Reform Commission (NDRC), dan Beijing Yawan HSR Co. Ltd.

"Kami sepakat dengan angka cost overrun US$1,2 miliar. Ini sedang kami rapikan. Jadi, memang ada beberapa item yang mereka ingin lakukan kajian terkait pajak, clearing frequency, dan sebagainya," katanya dalam Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) bersama Komisi VI DPR RI, Senin (14/02/2023).