Logo Bloomberg Technoz

BP, Pertamina Garap Potensi Amonia Biru di Bintuni & CCUS Tangguh

Ezra Sihite
21 September 2023 17:10

Ilustrasi pipa gas (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi pipa gas (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Nusa Dua – BP Berau Ltd. dan PT Kilang Pertamina Internasional sepakat mengembangkan studi tentang potensi pasokan gas dan injeksi karbon dioksida (CO2) untuk instalasi 'gudang karbon' alias carbon capture, utilizaton and storage (CCUS) di Blok Tangguh.

Kerja sama tersebut juga berkaitan dengan rencana pengembangan amonia biru di Teluk Bintuni, Papua Barat.

Studi yang dilakukan oleh grup Pertamina bertujuan untuk mendukung potensi pertumbuhan dalam industri petrokimia, khususnya di Papua Barat. Dengan adanya industri petrokimia nantinya akan membantu meningkatkan ekonomi lokal. 

Adapun, untuk proyek Tangguh CCUS yang dilakukan oleh BP telah mendapatkan persetujuan plan of development (POD) dari Pemerintah Indonesia pada 2021, dengan pengerjaan FEED yang sedang berlangsung dan rencana persetujuan proyek dalam waktu dekat.

Sementara itu, Tangguh disebut memiliki potensi untuk menjadi pusat CCUS pertama di negara ini bagi penghasil emisi baik domestik maupun internasional.
 
Pertamina sedang mempelajari peluang untuk mengoptimalkan potensi pasokan gas di Teluk Bintuni, Papua Barat, serta memanfaatkan Tangguh CCUS untuk memproduksi amonia biru. Hal ini sebagai salah satu alternatif energi bersih untuk masa depan.