Logo Bloomberg Technoz

Kredit Perbankan Agustus Tumbuh 9,06%, Syariah Naik 14,52%

Krizia Putri Kinanti
21 September 2023 14:21

Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo saat pengumuman Rapat Dewan Gubernur (RDG) bulan September. (Youtube Bank Indonesia)
Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo saat pengumuman Rapat Dewan Gubernur (RDG) bulan September. (Youtube Bank Indonesia)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pertumbuhan kredit perbankan pada Agustus mencapai 9,06% year-on-year, lebih baik dibandingkan bulan sebelumnya yang mencatat pertumbuhan 8,54%.

"Pertumbuhan kredit ditopang kinerja dunia usaha perdagangan dan jasa sosial konsisten dengan pertumbuhan ekonomi kita yang didukung oleh sektor-sektor tersier khususnya di sektor jasa," kata Perry Warjiyo, Gubernur Bank Indonesia dalam konferensi pers pengumuman hasil Rapat Dewan Gubernur BI, Kamis (21/9/2023). 

Sementara agregat pembiayaan syariah tumbuh 14,52%. Sedangkan kredit UMKM membaik dengan mencatat pertumbuhan 8,90% pada Agustus, terutama dari sektor mikro. 

"Ke depan, kita dukung sektor-sektor tersier khususnya sektor jasa. BI juga sinergi pemerintah, bank dan dunia usaha untuk mendorong peningkatan penyaluran kredit bank pada sektor-sektor yang memiliki daya ungkit perekonomian nasional seperti sektor hilirisasi minerba, perumahan, peternakan perikanan pariwisata dan indsutri UMKM dan ekonomi hijau," jelas Perry. 

Kinerja pertumbuhan kredit perbankan pada Agustus yang membaik ini sesuai dengan hasil Survei Permintaan dan Penawaran Pembiayaan Perbankan yang dirilis oleh Bank Indonesia pekan ini.