Logo Bloomberg Technoz

KPK Akan Lelang Emas 2,514 Gram Emas dari Kasus Korupsi

Mis Fransiska Dewi
17 September 2023 20:30

Logo KPK (Dok KPK)
Logo KPK (Dok KPK)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melalui Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Jakarta III akan kembali melakukan lelang barang rampasan tindak pidana korupsi  pada 20 September 2023  atas aset yang diperoleh dari terdakwa Rektor Universitas Lampung 2020-2022 Karomani. Barang yang dilelang terdiri atas 37 keping emas dengan total berat 2,514 gram.

“Sebelumnya, Karomani telah ditetapkan sebagai tersangka korupsi berupa suap dalam kegiatan tangkap tangan di tahun 2022 terkait penerimaan calon mahasiswa baru di Universitas Lampung. Adapun perkara tersebut telah berkekuatan hukum tetap (inkracht) sehingga aset yang diduga berasal dari korupsi akan dilelang,” tulis akun KPK dalam akun media sosial resmi instagram dikutip Minggu (17/9/2023)

Aset yang akan dilelang berupa 2 keping emas 2 gram, 1 keping emas 0,5 gram, 24 keping emas 100 gram, 1 keping emas 25 gram, 8 keping emas 10 gram, dan 1 keping emas 5 gram. Lelang akan diselenggarakan pada 20 September 2023 melalui website lelang.go.id.

Adapun tata cara mengikuti lelang.go.id untuk proses bisnis lelang, pemohon lelang mengajukan dokumen permohonan, penyelenggara lelang (KPKNL) menetapkan tanggal pelaksanaan, pemohon mengumumkan pelaksanaan lelang, calon peserta mendaftarkan diri dan menyetorkan jaminan lelang ke bank persepsi, lelang dilaksanakan sesuai dengan pengumuman, peserta lelang menawar lelang paling tinggi ditetapkan sebagai pemenang lelang oleh pejabat lelang, dan pemenang lelang melakukan pelunasan dan hasil lelang diserahkan. 

Sedangkan bagi badan hukum yakni mendaftar di akun lelang.go.id setelah akun tervalidasi log in organisasi, kemudian pilih organisasi dan lengkapi persyaratan seperti NPWP dan rekening organisasi lalu tinggal memilih objek dan mengikuti lelang yang diinginkan.