Logo Bloomberg Technoz

Chevron Lirik Investasi Pusat Penangkapan Karbon di Indonesia

Sultan Ibnu Affan
12 September 2023 10:30

Pembangkit Listrik Sumber: Bloomberg
Pembangkit Listrik Sumber: Bloomberg

Bloomberg Technoz, Jakarta – Perusahaan minyak dan gas bumI (migas) konvensional seperti Chevron mulai mengincar peluang investasi penangkapan dan penyimpanan karbon di Indonesia, yang dinilai dapat mengefisienkan kinerja sektor hulu migas dalam jangka panjang.

Terkait dengan hal itu, General Manager CCUS Solutions Chevron New Energies International Pte. Ltd. Chris Stavinoha mengatakan, seiring dengan kian meningkatnya permintaan energi di tingkat global, perusahaan migas konvensional pun mulai melakukan perubahan pola bisnis. 

“Seringkali banyak yang bertanya apakah perusahaan minyak kami akan menjadi bagian dari solusi iklim. Banyak orang merasa kami melakukan greenwashing, tetapi kami mencoba mengeluarkan narasi kami dan menjelaskan apa yang kami lakukan di bidang ini. Kami berinvestasi dalam cara kami dan mencoba mengembangkan bisnis ini,” ujarnya di sela International and Indonesia Carbon Capture Storage (ICCSC) Forum, Senin (12/9/2023) petang.

Menurutnya, dalam berinvestasi di bidang penangkapan, penggunaan, dan penyimpanan karbon atau carbon capture, utilization and storage (CCUS), Chevron menerapkan masukan dari badan-badan yang kredibel seperti International Energy Agency (IEA) dan Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC).

Berdasarkan rekomendasi dari badan-badan tersebut, kata Stavinoha, investasi CCS/CCUS akan menurunkan 15% dari emisi karbon. Teknologi tersebut juga diklaim dapat menjadi solusi penangkapan karbon di sumber titik emisi, serta mengurangi penggunaan terlalu banyak peranti dalam industri migas.