Logo Bloomberg Technoz

Global Sepekan: Gempa Maroko Ribuan Tewas & G-20 Tanpa Putin

News
10 September 2023 10:20

KTT G-20. (Dok: Bloomberg)
KTT G-20. (Dok: Bloomberg)

Shiyin Chen-Bloomberg News

Bloomberg,  Peristiwa dan acara berskala dunia menyita perhatian dunia dalam sepekan ini. Selain itu ada juga isu-isu soal saham teknologi. Berikut rangkuman isu dan peristiwa dunia yang penting dalam minggu ini.

Gempa Maroko

Korban tewas akibat gempa bumi di Maroko dekat pusat wisata Marrakesh telah meningkat sudah lebih dari 1.000 orang. Gempa yang terjadi pada Jumat malam tersebut merupakan yang paling kuat di negara Maroko dalam hampir satu abad terakhir. Sebagian besar kerusakan terjadi di kota-kota kecil dan desa-desa yang tersebar di Pegunungan Atlas Tinggi di luar Marrakesh dan Taroudant. Maroko mengerahkan tentara untuk mencari korban yang masih hilang.

Saham Teknologi

Setelah kinerja yang luar biasa tahun ini, saham-saham teknologi akhirnya dihadapkan dengan realita tak manis. Lonjakan yang telah menambah US$5 triliun pada nilai Nasdaq 100 sejak Desember terhenti minggu ini, sebagian besar terjadi karena Apple menghadapi larangan yang semakin luas di China. Sementara itu, juara reli Nvidia mencatatkan kejatuhan terburuk kedua tahun ini ketika Rob Arnott menyebut pembuat chip tersebut sebagai “perusahaan hebat yang harganya melebihi kesempurnaan.”

Tetapi bahkan keuntungan Nvidia tidak seberapa dibandingkan dengan VinFast Auto. Nilai dari perusahaan kendaraan listrik yang tidak menguntungkan itu melonjak 504% dalam enam hari ke nilai pasar yang lebih besar dari McDonald’s. Kisah ini sangat mirip dengan masa-masa pada awal pandemi, misalnya GameStop dan AMC, yang nilainya meroket bahkan setelah 11 kali kenaikan suku bunga oleh Bank Sentral AS Federal Reserve. Hal ini menunjukkan bahwa teori investasi yang non-tradisional kini telah menjadi fitur yang menonjol, dan mungkin permanen, dalam dunia investasi.

KTT G-20