Logo Bloomberg Technoz

Gempa Paling Mematikan dalam 6 Dekade, Maroko Berkabung Nasional

News
10 September 2023 09:10

Bangunan hancur akibat gempa di Maroko (Bloomberg)
Bangunan hancur akibat gempa di Maroko (Bloomberg)

Souhail Karam-Bloomberg News

Bloomberg, Otoritas Maroko terus melakukan pencarian terhadap korban pascagempa bumi paling mematikan dalam enam dekade yang menewaskan lebih dari 1.000 orang dan melukai ribuan lainnya.

Beberapa pemimpin dunia turut memberikan tawaran bantuan kepada Maroko untuk mendukung pemulihan seperti Presiden Amerika Serikat Joe Biden, Presiden Prancis Emmanuel Macron, dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy. Selain itu, Presiden Recep Tayyip Erdogan dari Turki, yang sebelumnya juga mengalami gempa besar dan menewaskan puluhan ribu orang pada bulan Februari, turut bergabung dalam menawarkan bantuan. 

Media lokal melaporkan, petugas pertolongan awalnya mengalami hambatan karena jalan menuju wilayah pegunungan di sekitar pusat gempa dipenuhi kendaraan dan diblokir oleh batu. Pasokan listrik juga dilaporkan terputus pada beberapa daerah. 

Survei Geologi AS dalam situsnya mengatakan, gempa ini berkekuatan 6,8 skala Richter dan terjadi pada Jumat setelah pukul 11 malam waktu setempat serta berpusat di dekat kota Oukaïmedene, sebuah resor ski di pegunungan High Atlas, atau sekitar 75 kilometer (47 mil) dari tenggara Marrakesh.