Logo Bloomberg Technoz

Tim Pengawas Polusi Udara Sebut Perusahaan Tak Cemari Lingkungan

Fransisco Rosarians Enga Geken
08 September 2023 15:00

Suasana gedung bertingkat yang diselimuti polusi di kawasan Jakarta, Selasa (22/8/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Suasana gedung bertingkat yang diselimuti polusi di kawasan Jakarta, Selasa (22/8/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Polusi udara di wilayah Jakarta dan sekitar masih belum membaik. Pemerintah, melalui tim inspeksi pengendalian emisi gas buang sektor industri, mengklaim tengah memantau secara ketat 1.025 perusahaan industri di wilayah Provinsi DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat. Namun dalam pemantauan tim, seluruh perusahaan telah mematuhi regulasi dan tidak mencemari lingkungan.

“Sejauh ini, kami melihat perusahaan telah mematuhi regulasi dan tidak mencemari lingkungan. Bahkan saat ini, kita berusaha untuk terus menekan emisinya,” kata Direktur Jenderal Ketahanan, Perwilayahan, dan Akses Industri Internasional Kemenperin, Eko Cahyanto dalam keterangannya, Jumat (8/9/2023).

Eko menambahkan secara periodik, tim ini akan memeriksa secara langsung kelengkapan dan pemasangan alat pemantau emisi di sejumlah wilayah. Tim akan memantau kondisi dan mutu udara di setiap wilayah konsentrasi industri.

“Alat tersebut dipasang di beberapa lokasi hingga Desember 2023, sesuai dengan masa tugas tim inspeksi. Kita minta manajemen perusahaan menyediakan listrik dan Wi-Fi untuk pemasangan alat ini agar bisa kita tarik terus datanya,” kata Direktur Jenderal Ketahanan, Perwilayahan, dan Akses Industri Internasional Kemenperin, Eko Cahyanto seperti dilansir kementeriannya, Jumat (8/9/2023).

Menurut dia, tim inspeksi akan langsung mendapatkan data terkini karena alat pemantau emisi terhubung dengan sistem di Kemenperin. Data-data yang nampak pada monitor adalah kondisi realtime.