Logo Bloomberg Technoz

Tekan Polusi DKI, Gedung PLN Buat ‘Hujan Lokal’ Pakai Alat BRIN

Wike Dita Herlinda
04 September 2023 10:50

Mist generator buatan BRIN untuk menekan polusi udara dari puncak gedung tinggi./ dok. PLN
Mist generator buatan BRIN untuk menekan polusi udara dari puncak gedung tinggi./ dok. PLN

Bloomberg Technoz, Jakarta – PT PLN (Persero) mulai melakukan metode penyemprotan air dari puncak menara kantor pusatnya, sebagai upaya perseroan berkontribusi menekan polusi di DKI Jakarta.

EVP Komunikasi Korporat dan TJSL Gregorius Adi Trianto mengatakan penyemprotan dilakukan menggunakan penghasil kabut atau mist generator yang dikembangkan oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). 

"Kami mendukung segala upaya pemerintah dalam membuat udara Jakarta yang lebih baik. Berbagai langkah strategis telah kami lakukan dari sisi operasional. Kami juga memasang mist generator besutan BRIN di lantai 16 Kantor Pusat PLN untuk bisa mengurangi polusi udara," ujarnya melalui pernyataan perusahaan, Senin (4/9/2023).

Adapun, penghasil kabut yang digunakan oleh PLN memiliki kapasitas penyemprotan sebanyak 10 liter per menit dan daya tampung 300 liter air. Peranti tersebut diklaim mampu beroperasi 24 jam.

Menurut Gregorius, alat tersebut nantinya tidak hanya dipasang di kantor pusat PLN, tetapi juga di kantor cabang perseroan di Jakarta dan sekitarnya.