Logo Bloomberg Technoz

Industriawan Hotel Siapkan Platform Akomodasi Khusus Pemerintah

Rezha Hadyan
10 February 2023 11:23

Hotel Atlantis the Royal on the Palm Jumeirah di Dubai (Christopher Pike/Bloomberg)
Hotel Atlantis the Royal on the Palm Jumeirah di Dubai (Christopher Pike/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) akan menyiapkan platform digital khusus untuk memenuhi kebutuhan akomodasi instansi pemerintah, baik pusat maupun daerah.

Ketua Umum Badan Pengurus Pusat (BPP) PHRI Hariyadi B. Sukamdani mengatakan platform tersebut merupakan inisiatif tindak lanjut pelaku usaha sektor turisme terhadap penyesuaian pengadaan barang dan jasa (procurement) pemerintah. 

Selama ini, pengadaan barang dan jasa pemerintah dilakukan menggunakan katalog elektronok atau e-catalog yang diawasi Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP).

"Kami harus bersiap dengan regulasi LKPP soal pengadaan barang dan jasa pemerintah yang saat ini menggunakan e-catalog," katanya dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) III PHRI yang digelar di Yogyakarta, Kamis (09/03/2023).

Kebetulan pasar kami, khususnya perhotelan itu 40% datang dari [instansi] pemerintah. Jadi, sangat signifikan.

Ketua Umum Badan Pengurus Pusat (BPP) PHRI Hariyadi B. Sukamdani

Menurut Hariyadi, saat ini diperlukan platform yang didesain khusus untuk menjembatani pengadaan akomodasi instansi pemerintah. Terlebih, pangsa permintaan akomodasi dari instansi pemerintah terbilang besar dari keseluruhan pangsa pasar bisnis perhotelan di Indonesia.