Logo Bloomberg Technoz

Setelah Lesu 3 Tahun, Bisnis Hotel Bisa Pulih Berkat Pemilu 2024

Rezha Hadyan
10 February 2023 10:23

Ilustrasi kamar hotel. (Dok. Bloomberg)
Ilustrasi kamar hotel. (Dok. Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Setelah lesu akibat diterjang badai pandemi sejak 2020, bisnis perhotelan dan restoran diproyeksikan kembali mendulang cuan tahun depan, berkat potensi tingginya permintaan menjelang perhelatan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Untuk tahun ini, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menyarankan pelaku usaha akomodasi dan restoran untuk tetap optimistis di tengah ancaman resesi ekonomi. Akan tetapi, mereka diminta untuk memanfaatkan momentum pesta demokrasi lima tahunan pada 2024.

"Tahun politik akan membuat pergerakan masyarakat yang lebih besar. Hotel dan restoran makin laku karena digunakan untk berbagai acara menjelang Pemilu 2024," katanya saat membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) III Perhimpunan Hotel dan Restoran (PHRI) 2023 di Yogyakarta, Kamis (09/02/2023).

Secara siklus, periode menjelang penyelenggaraan pemilu adalah saat di mana perhotelan biasanya mengalami peningkatan penyewaan aula untuk keperluan rapat maupun kampanye. Demikian halnya dengan restoran yang biasanya juga menyediakan fasilitas dengan fungsi serupa.

Jangan wait and see. Gunakan kesempatan ini untuk investasi, akselerasi, dan revitalisasi.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno

Dalam kaitan itu, Sandiaga juga meminta pelaku usaha akomodasi dan restoran untuk mengembangkan usahanya. Dia menilai 2023 adalah waktunya para pelaku usaha tersebut untuk "tancap gas", alih-alih menahan diri sembari memantau situasi.