Logo Bloomberg Technoz

CEO OpenAI Samuel Altman jadi Penerima Golden Visa Pertama

Fransisco Rosarians Enga Geken
04 September 2023 21:30

OpenAI milik Sam Altman. (Dok: Bloomberg)
OpenAI milik Sam Altman. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pemerintah mulai menerapkan kebijakan golden visa bagi warga negara asing untuk tinggal dalam waktu panjang di Indonesia. Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM memberikan golden visa pertama untuk sub kategori tokoh dunia kepada Chief Executive Officer (CEO) OpenAI, Samuel Altman.

"Dalam memperoleh golden visa, harus diusulkan oleh instansi pemerintah pusat.” kata Direktur Jenderal Imigrasi Kemenkumham, Silmy Karim dalam keterangan resmi, Senin (4/9/2023).

Golden visa merupakan izin tinggal bagi warga negara asing dalam periode jangka waktu 5-10 tahun. Pemerintah menelurkan kebijakan ini dengan tujuan mendukung perekonomian nasional, akhir Agustus lalu. Dasar pemberian Golden Visa adalah Peraturan Menteri Hukum dan HAM (Permenkumham) Nomor 22 tahun 2023 dan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 82 tahun 2023.

Samuel Altman adalah tokoh dunia yang merupakan CEO dan Co-Founder dari OpenAI yang merupakan perusahaan riset dan penerapan artificial intelligence (AI) di Amerika Serikat yang memiliki misi memastikan kecerdasan buatan bermanfaat bagi seluruh umat manusia. Altman menjadi perhatian dunia selepas kesuksesan ChatGPT, produk OpenAI yang diluncurkan pada akhir 2019. 

Medio Juni lalu, Altman sempat datang ke Indonesia untuk berbagi pengetahuan mengenai kecerdasan buatan. Dengan golden visa ini, Altman diharapkan dapat berkontribusi terhadap pengembangan pemanfaatan kecerdasan buatan di Indonesia.