Logo Bloomberg Technoz

'Alien' Ancam Pasokan Makanan-Kesehatan, Rugikan Dunia US$423 M

News
04 September 2023 20:40

Tanaman asing yang menggangu lingkungan hidup. (Sumber: Bloomberg)
Tanaman asing yang menggangu lingkungan hidup. (Sumber: Bloomberg)

Liza Tetley - Bloomberg News

Bloomberg, Dari laporan baru yang diterima, ‘Alien’ atau spesies asing—yang disebabkan proses perdagangan dan yang dapat berpindah-pindah maupun perubahan iklim— merupakan “ancaman global yang serius” terhadap keanekaragaman hayati lokal, keamanan pangan, serta kesehatan masyarakat.

Menurut laporan dari Intergovernmental Platform on Biodiversity and Ecosystem Services, Senin (4/9/2023), “Ancaman yang dianggapp tidak serius” dari ‘Alien’ tersebut menimbulkan biaya ekonomi global lebih dari US$423 miliar (Rp6,4 ribu triliun) per tahun pada tahun 2019 dan memainkan peran kunci dalam sebagian besar kepunahan tumbuhan dan hewan.

Lebih dari 37.000 spesies ‘alien’ telah diperkenalkan di seluruh dunia sebagai hasil dari aktivitas manusia — diangkut dari satu lokasi ke lokasi lain dalam air ballast kapal, misalnya. Dari jumlah tersebut, 3.500 ditemukan bersifat merusak dan invasif karena mereka menyebabkan kekacauan pada spesies hewan dan tumbuhan setempat.

Dari laporan tersebut diketahui, kepiting pantai Eropa telah merusak tempat tidur kerang komersial di New England dan Kanada, sementara kerang palsu Karibia telah menggantikan rempah-rempah dan tiram di Samudra Hindia, di mana rantai pasokan pangan jadi terganggu. Spesies nyamuk, yang bermigrasi lebih jauh ke utara seiring dengan pemanasan planet, telah menyebarkan malaria, Zika, dan Demam Nile Barat ke daerah-daerah yang sebelumnya tidak terpengaruh, menegaskan meningkatnya risiko kesehatan masyarakat.