Logo Bloomberg Technoz

“Singapura memiliki kekebalan hibrida yang sangat kuat, yakni kombinasi perlindungan yang timbul dari vaksinasi serta pemulihan dari Covid-19. Kami memperkirakan bahwa hampir 90% penduduk sudah terjangkit Covid-19,” kata Menteri Kesehatan Ong Ye Kung pada pengarahan tersebut, dikutip dari Bloomberg News.

Singapura melaporkan angka harian pasien Covid-19 yang membutuhkan perawatan intensif hanya satu digit dan belum ada kematian sejak awal Februari 2023. Pemerintah kini berniat untuk semakin merangsang aktivitas ekonomi yang sedang tertekan karena pandemi.

PM Lee Hsien Loong bulan lalu menunjuk China sebagai contoh negara yang dapat menentukan arah ekonomi global setelah negara Asia Utara itu mencabut kebijakan Covid-19 yang ketat pada Desember lalu. Meski Singapura berupaya untuk menghindari resesi, Lee memperingatkan agar negara tetap waspada terhadap varian baru yang masih dapat muncul.

Lebih dari empat dari lima populasi yang memenuhi syarat dilindungi dari Covid-19. Sekitar 99,5% dari kasus yang tercatat tidak memiliki gejala atau gejala ringan.

Berikut adalah beberapa peraturan dan perubahan pemerintah Singapura lainnya:

  • Persyaratan vaksinasi Covid-19 tetap berlaku untuk visa kerja termasuk mereka yang mengajukan aplikasi tempat tinggal permanen yang baru.
  • Pemerintah merekomendasikan mereka yang berusia lima tahun ke atas untuk mencapai setidaknya perlindungan minimum, yang setara dengan tiga dosis vaksin mRNA atau Novavax, atau empat dosis Sinovac.
  • Kelompok rentan berusia 60 tahun ke atas harus mendapatkan suntikan booster tahunan. Mereka yang berusia di bawah 60 tahun diberikan booster tambahan jika mereka menginginkannya.
  • Semua turis yang tidak divaksinasi lengkap yang memasuki Singapura tidak lagi diharuskan menunjukkan bukti tes pra-keberangkatan negatif. Mereka juga tidak perlu membeli asuransi perjalanan terkait Covid-19.
  • Warga Singapura dan penduduknya dapat menghapus aplikasi pelacakan. Pemerintah telah menghapus semua data dari aplikasi dari server dan basis datanya.
  • Perusahaan diizinkan mempertahankan kewajiban pemakaian masker untuk alasan kesehatan dan keselamatan di tempat kerja atau kelangsungan bisnis.

(bbn)

No more pages