Logo Bloomberg Technoz

Topan Saola Mulai Tinggalkan Hong Kong Setelah Guncang Seisi Kota

News
02 September 2023 07:42

Topan Saola Hong Kong (Bloomberg)
Topan Saola Hong Kong (Bloomberg)

Richard Frost - Bloomberg News - 

Bloomberg, Topan besar Saola mulai melemah dan berangsur-angsur meninggalkan Hong Kong, setelah membawa angin topan dan hujan lebat ke wilayah tersebut.

Observatorium Hong Kong menurunkan peringatan badai dari tingkat tertinggi No. 10 ke sinyal No. 8 pada hari Sabtu pukul 3:40 pagi, menurut buletin terbarunya. Pihak berwenang diperkirakan akan mempertahankan sinyal badai saat ini hingga setidaknya pukul 12 siang, memperingatkan bahwa angin kencang masih mempengaruhi banyak tempat dan laut akan masih sangat ganas disertai gelombang besar.

Pasar saham ditutup pada Jumat sebelum datangnya badai dan sekolah diliburkan hingga Sabtu. Sebagian besar angkutan umum dilarang terbang. Pemerintah mengatakan mereka menerima lusinan laporan tentang pohon tumbang dan 12 laporan yang dikonfirmasi mengenai banjir, sementara 55 orang mencari perawatan di rumah sakit umum selama topan terjadi.

Kecepatan angin maksimum yang berkelanjutan mencapai 99 kilometer per jam (62 mph) di beberapa daerah selama satu jam terakhir, menurut buletin terbaru observatorium setempat. Saola sebelumnya mencatat angin berkecepatan 210 km/jam di dekat pusatnya, sekuat badai Kategori 4 pada skala angin Saffir-Simpson.