Logo Bloomberg Technoz

WSKT Garap Bendungan Cibeet Bogor Senilai Rp1,5 T

Mis Fransiska Dewi
01 September 2023 20:10

Waskita Karya. (Tangkapan Layar via Twitter @waskita_karya)
Waskita Karya. (Tangkapan Layar via Twitter @waskita_karya)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Waskita Karya Tbk (WSKT) menangkan proyek tender Bendungan Cibeet paket III senilai Rp1,5 triliun. Bendungan ini nantinya akan berlokasi di Kecamatan Cariu, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Direktur Operasi II WSKT, Dhetik Ariyanto mengungkapkan, proyek yang didanai APBN tersebut diharapkan dapat mereduksi banjir pada hilir Sungai Citarum dengan kapasitas 300,33 meter kubik per detik. Selain itu, bendungan ini juga menjadi sumber pasokan air baku sebesar 3,77 meter kubik per detik untuk beberapa Kabupaten dan daerah industri di sekitarnya.

“Bendungan Cibeet juga dapat menjadi irigasi pertanian yang dapat mengaliri lahan seluas 1.037 hektarea di Kabupaten Bogor, Kabupaten Bekasi, dan Kabupaten Karawang serta pembangkit tenaga listrik dengan daya sebesar 0,25 MW,” kata Dhetik melalui keterangan resmi, Jumat (1/9/2023).

Dhetik menyebutkan, proyek tersebut akan memaksimalkan pengembangan digitalisasi guna menunjang peningkatan kompetensi dan kapabilitas sumber daya manusia. Salah satunya dengan implementasi Building Information Modeling (BIM) dalam setiap pekerjaan proyek WSKT.

Dia mengklaim, BIM mampu membuat pekerjaan WSKT menjadi sangat efisien sehingga bisa selesai lebih cepat, hemat, dan dengan hasil kualitas yang baik. WSKT, kata dia, juga berkomitmen memberdayakan pekerja lokal pada setiap proyek yang dikerjakan.