Logo Bloomberg Technoz

Tes DNA Buktikan Kematian Bos Wagner Yevgeny Prigozhin

News
27 August 2023 19:30

Putin dan Prigozhin (Sumber: Bloomberg)
Putin dan Prigozhin (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg News


Bloomberg, Penyelidik Rusia akhirnya mengkonfirmasi kematian bos tentara bayaran Wagner, Yevgeny Prigozhin pada sebuah kecelakaan pesawat, pekan lalu. Hal ini didasarkan pada hasil pemeriksaan atau tes DNA pada jenazah korban kecelakaan yang masih menyisakan misteri penyebabnya.

Komite Investigasi Rusia mengatakan, tes DNA mengkonfirmasi kematian sepuluh penumpang dan kru yang tercatat dalam manifestasi jet pribadi tersebut. Hal ini disampaikan dalam sebuah pernyataaan yang diunggah pada situs resmi komite, Minggu (27/8/2023).

Prigozhin memimpin pasukan Wagner untuk melakukan pemberontakan terhadap Valdimir Putin, Juni lalu. Meski aksinya gagal, pemberontakan ini menjadi ancaman paling serius dalam durasi seperempat abad kekuasaan Putin di Rusia.

Amerika Serikat menilai kecelakaan pada pesawat petinggi Wagner tersebut merupakan pembunuhan atas perintah dan restu Kremlin. Meski kemudian, juru bicara Putin, Dmitry Peskov menepis anggapan tersebut dengan mengatakannya sebagai "kebohongan mutlak."