Logo Bloomberg Technoz

Prabowo Bertemu Menhan AS di Pentagon Bahas China Agresif di LCS

News
25 August 2023 14:30

Menhan Prabowo Subianto bertemu dengan Menhan AS, Lloyd J Austin di Pentagon, AS, Kamis (24/8/2023). (Dok. Kemhan)
Menhan Prabowo Subianto bertemu dengan Menhan AS, Lloyd J Austin di Pentagon, AS, Kamis (24/8/2023). (Dok. Kemhan)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto bertemu dengan Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) Lloyd J Austin di Pentagon, AS pada Kamis (24/8/2023). Keduanya membahas berbagai isu termasuk ekspansi China di Laut China Selatan (LCS).

Berdasarkan keterangan tertulis bersama yang diunggah di situs Kemenhan AS, Prabowo dan Austin sama-sama sepakat ekspansi tersebut tidak sejalan dengan hukum internasional yang tertuang dalam konvensi PBB.

"Menteri Austin dan Menteri Prabowo berpendapat klaim maritim yang luas oleh Republik Rakyat China (RRC) di Laut China Selatan tidak sejalan dengan hukum internasional, sebagaimana tercermin dalam konvensi PBB tentang hukum laut," tulis keterangan bersama tersebut.

Selain itu, Prabowo dan Austin sama-sama mengutuk invasi Rusia di Ukraina. Keduanya menuntut penarikan penuh tentara-tentara Rusia dari wilayah Ukraina tanpa syarat.

"Menteri Austin dan Menteri Prabowo bersam-sama mengutuk pelanggaran terhadap kedaulatan nasional, sebagaimana tercermin dalam Resolusi Majelis Umum PBB ES-11/1 tanggal 2 Maret 2022," tulisnya lebih lanjut.