Logo Bloomberg Technoz

Indonesia, Thailand & Malaysia Mantap Lakukan Dedolarisasi

Mis Fransiska Dewi
25 August 2023 10:40

Gubernur-Gubernur Bank Sentral ASEAN (Mis Fransiska/Bloomberg Technoz)
Gubernur-Gubernur Bank Sentral ASEAN (Mis Fransiska/Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pertemuan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral Se-ASEAN (AFMGM) pada pekan ini akan mengonkretkan kesepakatan terkait penguatan kerja sama keuangan di kawasan, termasuk implementasi wacana dedolarisasi, sebuah upaya untuk mengurangi ketergantungan terhadap dolar AS.

Bank Indonesia, Bank Negara Malaysia, dan Bank of Thailand kembali menyepakati penguatan kerja sama yang mendorong penggunaan mata uang lokal masing-masing negara untuk setiap transaksi bilateral.

Kesepakatan tersebut disahkan lewat penandatanganan Nota Kesepahaman oleh Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo, Gubernur Bank Negara Malaysia, Abdul Rasheed Ghaffour, dan Gubernur Bank Thailand, Sethaput Suthiwartnarueput, pada Jumat (25/8) di sela-sela Pertemuan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral ASEAN (AFMGM) ke-10 di Jakarta, Indonesia.

"Kami percaya dengan ada nya cross border payment akan mempermudah dalam membangun infrastruktur di ASEAN," ujar Gubernur Bank Negara Malaysia Rasheed Ghaffour, menambahkan ia berharap Vietnam bisa segera bergabung dalam integrasi pembayaran.

Kesepakatan antara Indonesia dan Thailand, Indonesia dan Malaysia, serta Thailand dan Malaysia, sebelumnya telah diimplementasikan sejak 2018.