Logo Bloomberg Technoz

BI: Pertumbuhan Ekonomi Kuartal III Hampir Sama dengan Kuartal II

Krizia Putri Kinanti
24 August 2023 14:24

Gubernur BI Perry Warjiyo (Dok. Youtube)
Gubernur BI Perry Warjiyo (Dok. Youtube)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Bank Indonesia (BI) memperkirakan pertumbuhan ekonomi kuartal III-2023 tidak akan jauh berbeda dari pencapaian kuartal sebelumnya. Permintaan domestik yang kuat diharapkan mampu menutupi perlambatan ekspor.

Pada kuartal II-2023, Produk Domestik Bruto (PDB) tumbuh 5,17% yoy. Lebih tinggi dibandingkan kuartal sebelumnya yang sebesar 5,04% yoy.

"Sumber pertumbuhan datang dari kuatnya permintaan domestik di tengah kinerja ekspor yang menurun karena melemahnya perekonomian dan harga komoditas global," kata Perry Warjiyo, Gubernur BI, dalam jumpa pers usai Rapat Dewan Gubernur (RDG) periode Agustus 2023 di kantornya, Jakarta, Kamis (24/8/2023).

Untuk kuartal III-2023, lanjut Perry, pertumbuhan ekonomi diperkirakan tetap baik. Indikatornya adalah penjualan ritel yang masih tumbuh positif dan aktivitas manufaktur yang ekspansif. 

"Ini mendorong BI memperkirakan pertumbuhan ekonomi triwulan III-2023 hampir sama dengan triwulan II. Untuk keseluruhan tahun 2023, BI memperkirakan pertumbuhan ekonomi di kisaran 4,5-5,3%," ungkapnya.