Logo Bloomberg Technoz

PUPR Gandeng Swedia Konversi Sampah Menjadi EBT untuk PLTU

Krizia Putri Kinanti
24 August 2023 12:55

Alat berat mengeruk sampah di TPA Cipayung, Depok, Jawa Barat, Rabu (5/7/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Alat berat mengeruk sampah di TPA Cipayung, Depok, Jawa Barat, Rabu (5/7/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Pemerintah Swedia melalui Swedfund International AB bakal bekerja sama dalam menerapkan teknologi konversi sampah menjadi energi baru terbarukan (EBT) di Indonesia. 

Penandatanganan kerja sama dilakukan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan CEO Swedfund International AB Maria Håkansson di KBRI Stockholm, Swedia, Rabu (23/8/2023). 

Basuki mengatakan prinsip-prinsip pembangunan infrastruktur berbasis lingkungan dan berkelanjutan menjadi komitmen Kementerian PUPR, salah satunya lewat pengembangan pengelolaan sampah. 

"Salah satunya pemanfaatan teknologi refuse derived fuel [RDF] yang menjadikan sampah sebagai sumber energi terbarukan," katanya melalui siaran pers, Kamis (24/8/2023).

Basuki mengatakan sampah yang dihasilkan di Indonesia merupakan sumber energi potensial yang penting, tetapi sebagian besar dikelola melalui penggunaan tempat pembuangan akhir.