Logo Bloomberg Technoz

Isi Proposal Studio Hollywood ke Penulis untuk Hentikan Pemogokan

News
23 August 2023 16:10

Penulis dan aktor melakukan demo di luar Netflix Sunset Bronson Studios, Los Angeles, California, AS, Jumat (14/7/2023). (Jill Connelly/Bloomberg)
Penulis dan aktor melakukan demo di luar Netflix Sunset Bronson Studios, Los Angeles, California, AS, Jumat (14/7/2023). (Jill Connelly/Bloomberg)

Lucas Shaw - Bloomberg News

Bloomberg, Studio-studio Hollywood telah merilis rincian proposal kontrak mereka kepada para penulis skenario di industri film. Proposal tersebut menjadi upaya terbaru untuk mengakhiri pemogokan berbulan-bulan yang telah menghentikan produksi dan menunda perilisan-perilisan baru di seluruh industri hiburan. 

Studio-studio tersebut mengusulkan kenaikan gaji bagi para penulis, perlindungan dari penggunaan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI), dan pengiriman laporan triwulanan kepada serikat penulis mengenai jumlah penonton acara. Sebelumnya, Bloomberg telah melaporkan banyak detail tawaran tersebut pekan lalu.

Para CEO perusahaan media besar semakin terlibat dalam negosiasi ini dalam beberapa pekan terakhir. Mereka berharap dapat mengakhiri perselisihan yang telah berlangsung sepanjang musim panas. 

Sekelompok CEO, seperti Bob Iger dari Walt Disney Co., Ted Sarandos dari Netflix Inc., dan David Zaslav dari Warner Bros Discovery Inc., bertemu dengan pimpinan Serikat Penulis Amerika, Writers Guild of America (WGA), pada hari Selasa (22/8/2023).