Logo Bloomberg Technoz

Singapura Selidiki Kasus Pencucian Uang, 9 Perusahaan Diperiksa

News
23 August 2023 14:10

Patung Merlion di Singapura. Fotografer: Lionel Ng/Bloomberg
Patung Merlion di Singapura. Fotografer: Lionel Ng/Bloomberg

Alfred Cang dan Low De Wei - Bloomberg News

Bloomberg, Kepolisian Singapura tengah menunggu dokumen dari setidaknya sembilan lembaga keuangan yang diperiksa dalam penyelidikan terkait kasus pencucian uang terbesar di negara tersebut.

Menurut para jaksa pada sidang pengadilan Rabu (23/08/2023) penyelidikan masih dalam tahap awal penahanan dari mereka yang ditangkap akan diperpanjang dan telah menyita sejumlah mobil mewah serta properti.

Jumlah perusahaan di Singapura yang sedang diperiksa inii menunjukkan peningkatan pengawasan terhadap sejauh mana sistem keuangan digunakan untuk aktivitas ilegal dalam kasus ini. Pekan lalu, otoritas Singapura menyita lebih dari SG$1 miliar (Rp11,2 triliun) dari properti, mobil mewah, uang tunai, dan aset lainnya, dan menuduh 10 warga asing terlibat pencucian uang dari hasil kejahatan penipuan dan judi online.

Kepolisian telah melarang penjualan lebih dari 100 properti, termasuk tujuh rumah terpisah di kawasan tepi laut mewah Sentosa Cove Singapura, 79 unit kondominium, dan 19 ruang komersial atau industri.