Logo Bloomberg Technoz

Indeks Polusi Udara Indonesia Memerah, Singapura Justru Hijau

Sultan Ibnu Affan
21 August 2023 13:45

Ilustrasi polusi udara (Foto: Bloomberg)
Ilustrasi polusi udara (Foto: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Perencaaan Pembangunan Nasional atau Bappenas, Suharso Monoarfa mengatakan sangat heran saat memantau kualitas udara kota-kota di Indonesia, pagi ini. Menurut dia, hampir seluruh kota besar dan kota utama Indonesia mencatat indeks kualitas udara pada indikator oranye hingga merah.

Bahkan, menurut dia, Kota-kota di wilayah Barat Indonesia juga memiliki indikator kualitas udara yang tidak sehat. Padahal, hanya berjarak beberapa kilometer, indikator kualitas udara di Singapura tercatat hijau.

"Saya juga merasa aneh sekali. Batam itu indikatornya oranye. Tapi, Singapura itu hijau banget, padahal berdekatan. Kemudian Medan juga merah," kata Suharso di Kantor Bappenas, Senin (21/8/2023).

Berdasarkan indeks kualitas udara atau air quality index (AQI), parameter udara ditunjukkan pada angka 0 hingga 500 untuk menunjuk pada tingkat polutan utama di udara yaitu bahan partikulat, karbon monoksida, sulfur dioksida, dan nitrogen dioksida.

Indeks pada angka 0-50 tercatat dengan indikator Hijau yang menunjukkan kualitas udara baik atau sehat. Indeks 51-100 memiliki indikator kuning yang menunjukkan kualitas udara sedang.